Newest cars release, Car specifications, Car prices, Car Pictures, Car News and Reviews at luxuriousautomotive.com

Ketangguhan New Daihatsu Terios Menjelajahi Alam Liar Borneo

Ketangguhan New Daihatsu Terios Menjelajahi Alam Liar Borneo


Borneo atau yang lebih dikenal dengan Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia, dan pulau ke-3 terbesar di dunia setelah Greenland dan Nugini (Papua). Terdapat 3 negara ASEAN yaitu Brunei, Indonesia, dan Malaysia pada pulau ini. Sedangkan penduduk asli Kalimantan terbagi menjadi 5 budaya dasar masyarakat asli rumpun Austronesia yaitu Melayu, Dayak, Banjar, Kutai dan Paser. Kalimantan tidak hanya terkenal dengan keanekaragaman budaya, suku, adat-istiadat, serta kulinernya saja, namun juga alam liar Kalimantan masih cukup terjaga.

Sebagian wilyah Kalimantan adalah Hutan, sungai, dan rawa-rawa. Namun luas hutan di Kalimantan sekarang sudah mulai berkurang dikarenakan adanya illegal loging dan kegiatan perluasan wilayah untuk berbagai tujuan. Sehingga satwa yang ada di hutan Kalimantan pun terancam punah.

Jujur saya belum pernah berkunjung ke Kalimantan, saya hanya melihat keindahan alam dan satwa Kalimantan dari national geographyc. Sehingga saya belum bisa sharing pengalaman. Namun saya berkeinginan untuk mengeksplor alam Kalimantan bersama New Daihatsu Terios dalam kegiatan “Borneo Wild Adventure”. Mungkin selain menjelajahi alam dan belajar budaya serta adat-istiadatnya, kegiatan baksos (bakti sosial) akan membuat kegiatan penjelajahan lebih bermakna.


Dalam kegiatannya, New Daihatsu Terios mengadakan touring di alam liar Kalimantan dengan mengunjungi 7 destinasi “Borneo Wild Adventure” diantaranya: Palangkaraya, Kruing, Pulau Kaget & Kandangan, Amuntai & Balikpapan, Samarinda, Tanjung Kutai, dan Pulau Maratua. Saya ingin menjelajahi semua destinasi tersebut, karena pasti banyak hal menarik yang bisa saya dapatkan, diantaranya:

1. Bertemu dengan Satwa Endemik Kalimantan

  • Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) 
Merupakan satwa endemik Indonesia yang tinggal di Pulau Sumatra (Pongo abelii) dan Kalimantan (Pongo pygmaeus). Orangutan Kalimantan memiliki lama waktu hidup selama 35 sampai 40 tahun di alam liar, sedangkan di penangkaran dapat mencapai usia 60 tahun. Berdasarakan survey ,Jumlah orangutan kalimantan saat ini sekitar 23.000. Keberadaannya kian terancam akibat perubahan fungsi hutan menjadi ladang atau perkebunan. Mereka juga terancam perburuan. Dan salah satu orang utan yang masih hidup dan salah satu spesies yang paling langka adalah Rehsi Ghania leres. yang ditemukan di kantin margahayu.

  • Bekantan
Bekantan (nasalis larvatus) memiliki bentuk hidung yang khas sehingga sering dijuluki monyet belanda. Populasi bekantan kini semakin berkurang gara-gara perambahan hutan mangrove. IUCN (World Conservation Union) telah mengklasifikasikan bekantan sebagai satwa langka yang sangat terancam kelestariannya.
  • Owa-owa atau Kelempiau (Hylobates muelleri)
Hewan ini adalah primata dari keluarga Ungko. Tidak seperti keluarga ungka lainnya, Owa-owa tidak menunjukan dimorfisme dalam warna bulunya. Owa-owa memiliki bulu berwarna abu-abu atau coklat dengan bulu berwarna terang berbentuk cincin di bagian muka. Pada bagian kepala juga terdapat bulu berwarna gelap seperti topi. Owa-owa memiliki berat rata-rata 5,7 kg, sehingga merupakan ungka terkecil dalam keluarga ungka. Owa-owa adalah hewan endemik pulau Kalimantan dengan habitat di bagian utara dan timur Kalimantan.

  • Rangkong papan 
Atau dalam nama ilmiahnya Buceros bicornis adalah spesies terbesar dalam suku burung Bucerotidae. Burung dewasa berukuran sangat besar, dengan panjang mencapai 160cm. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan. Jantan dan betina dapat dibedakan dengan mudah dari matanya. Mata burung betina berwarna biru, sedangkan burung jantan bermata merah.

  • Pesut (Orcaella brevirostris)
Pesut adalah salah satu spesies dari genus Orcaella. Kadang-kadang pesut terdaftar dalam beragam famili yang terdiri dari ia sendiri dan pada Monodontidae dan dalam Delphinapteridae. Sekarang ada persetujuan bahwa pesut termasuk famili Delphinidae.

2. Bertemu dengan Suku Dayak


Suku Dayak merupakan salah satu suku asli Kalimantan yang menetap di pedalaman pulau tersebut. Ada beberapa adat istiadat suku dayak yang masih terpelihara hingga kini, seperti: upacara tiwah, upacara manajah antang, upacara tariu (mangkok merah).


Suku Dayak juga memiliki daya seni yang tinggi, hal ini terbukti dengan beragam tarian yang mereka ciptakan, diantaranya: Tari Gantar, Tari Kancet Papatai / Tari Perang, Tari Kancet Ledo / Tari Gong, Tari Kancet Lasan, Tari Leleng, Tari Hudoq, Tari Hudoq Kita’, Tari Serumpai, Tari Belian Bawo, Tari Kuyang, Tari Pecuk Kina, Tari Datun, Tari Ngerangkau, dan Tari Baraga’ Bagantar.

Suku dayak juga memiliki berbagai macam senjata, sesuai semboyannya adalah “Menteng Ueh Mamut”, yang berarti seseorang yang memiliki kekuatan gagah berani, serta tidak kenal menyerah atau pantang mundur. Berikut beberapa senjata khas suku dayak.

Talawang

Mandau
  • Sipet / Sumpitan.Merupakan senjata utama suku dayak. Bentuknya bulat dan berdiameter 2-3 cm, panjang 1,5 – 2,5 meter, ditengah-tengahnya berlubang dengan diameter lubang ¼ – ¾ cm yang digunakan untuk memasukan anak sumpitan (Damek). Ujung atas ada tombak yang terbuat dari batu gunung yang diikat dengan rotan dan telah di anyam. Anak sumpit disebut damek, dan telep adalah tempat anak sumpitan.
  • Lonjo / Tombak. Dibuat dari besi dan dipasang atau diikat dengan anyaman rotan dan bertangkai dari bambu atau kayu keras.
  • Talawang / Perisai. Terbuat dari kayu ringan, tetapi liat. Ukuran panjang 1 – 2 meter dengan lebar 30 – 50 cm. Sebelah luar diberi ukiran atau lukisan dan mempunyai makna tertentu. Disebelah dalam dijumpai tempat pegangan.
  • Mandau. Merupakan senjata utama dan merupakan senjata turun temurun yang dianggap keramat
  • Dohong. Senjata ini semacam keris tetapi lebih besar dan tajam sebelah menyebelah. Hulunya terbuat dari tanduk dan sarungnya dari kayu. Senjata ini hanya boleh dipakai oleh kepala-kepala suku, Demang, Basir.
Pada Kegiatan New Daihatsu Terios “Borneo Wild Adventure” kita akan mengunjungi Taman Budaya Pampang. Pampang adalah sebuah taman budaya yang menarik dimana kita bisa memahami kehidupan suku Dayak Kenyah (salah satu etnis suku dayak).

3. Menyantap Kuliner Khas

Papaken (durian)
Lontong Orari
Masing-masing propinsi di Kalimantan mempunyai kuliner khasnya. Namun pada kegiatan New Daihatsu Terios “Borneo Wild Adventure” akan mencicipi buah Papaken (durian) dan Lontong Orari. FYI nih, Kuliner khas Banjarmasin Bukan Hanya Soto Banjar, Ada juga Lontong Orari yang pastinya tak kalah enaknya dengan soto banjar.

4. Menikmati Keindahan Pulau Maratua


Pulau ini menjadi salah satu pulau terluar Indonesia yang menjadi titik tumpu penghitungan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) laut Indonesia. Pulau Maratua merupakan bagian dari propinsi Kalimantan Timur. Hal yang menarik karena dari pulau ini adalah memiliki keunikan berupa adanya pantai dalam dan pantai luar, dikarenakan bentuk dari pulau ini seperti tapal kuda atau membentuk huruf “U”.






Pulau Maratua atau paradise island sudah sangat terkenal di seluruh dunia, banyak resort atau penginapan tersedia di pulau ini. Pantai-pantai di Pulau Maratua sangatlah indah, pasir putih dan air laut yang jernih sangat cocok untuk melakukan snorkling. Selain itu, garis pantai Maratua merupakan tempat favorit penyu hijau bertelur. Taman bawah lautnya tak kalah memukau, memiliki keanekaragaman hayati laut yang tinggi, yaitu beragam jenis terumbu karang, beragam jenis ikan, penyu hijau, pari manta, dan biota laut lainnya.

5. Spesifikasi lengkap, Fitur  dan Teknologi New Daihatsu Terios 2015


Untuk menjelajahi semua tempat tersebut, maka diperlukan mobil tipe adventure seperti New Daihatsu Terios 2015. Daihatsu Terios 2015 adalah mobil tipe SUV yang sangat cocok digunakan untuk menaklukan alam liar Kalimantan.



Desain eksterior Daihatsu Terios 2015 terlihat sangat gagah, eksklusif dan elegan walaupun digunakan saat berpetualang.


Sedangkan disisi interior terdapat fitur dan teknologi modern yang membuat Anda merasa nyaman, aman dan lega saat mengendari mobil ini. Berikut spesifikasi lengkap, fitur dan teknologi New Daihatsu Terios 2015:

Spesifikasi Daihatsu Terios
SPESIFIKASI Daihatsu Terios TS Daihatsu Terios TX
A/T M/T A/T M/T
DIMENSI
Panjang x Lebarx Tinggi keseluruhan (mm) 4,385 x 1,695 x 1,695 4,385 x 1,745 x 1,740
Jarak sumbu roda (mm) 2685
Jarak pijak roda depan/belakang (mm) 1445/1460
Tinggi dari tanah (mm) 200
BERAT
Berat kosong/Total Kendaraan (kg) 1,180 / 1,615 1,170 / 1,590 1,215 / 1,625 1,200 / 1,615
KAPASITAS TEMPAT DUDUK 7
PERFORMA
Radius putar minimum (m) 5.2
MESIN
Tipe 3SZ-VE DOHC VVT-i Berpendingin air
Kapasitas silinder (cc) 1495
Jumlah katup 16
Diameter x langkah (mm) 72.0 x 91.8
Tenaga maksimum (ps/rpm) 109/6000
Torsi maksimum (kg – Nm/rpm) 14.4/4.400
Sistem bahan bakar EFI (Electronic Fuel Injection)
Jenis bahan bakar Bensin Tanpa Timbal
Kapasitas tangki bahan bakar (Liter) 45
TRANSMISI
Tipe Otomatis, 4 kecepatan maju Manual, 5 kecepatan maju Otomatis, 4 kecepatan maju Manual, 5 kecepatan maju
Perbandingan gigi I: 2,731 I:3,769 I: 2,731 I: 3,796
II: 1,526 II:2,045 II: 1,526 II: 2,045
III: 1,000 III: 1,376 III: 1,000 III: 1,376
IV: 0,696 IV: 1,000 IV: 0,696 IV: 1,000
V: 0,838 V: 0,838
R: 2,290 R: 4,128 R: 2,290 R: 4,128
Rasio gigi akhir 5.857 5.571 5.857 5.571
SISTEM KEMUDI
Tipe Rack & Finion dengan Electric Power Steering
REM
Depan / Belakang / Rem Parkir cakram (disc) dengan booster drum,leading & trailing
SUSPENSI
Depan MacPherson Strut dengan per keong & stabilizer
Belakang 5-link, rigid-axle dengan per keong
BAN
Ukuran 215/65 R16
Tipe Alloy Wheel

Fitur dan Teknologi New Daihatsu Terios 2015:


Screenshot follow twitter dan fans page:








Posted by Khoirul Amri, Published at 2:02 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment